Kamis, 09 Oktober 2008

Biodata Ali Masrur Abdul Ghaffar

Ali Masrur Abdul Ghaffar lahir di Sidoarjo Jawa Timur pada tahun 1973. Setelah menamatkan pendidikannya di MINU (1985) dan MTsN (1988) serta belajar bahasa Arab di Madrasatul Alsun selama empat tahun (1984-1988) di Sidoarjo, ia melanjutkan sekolah ke MA Program Khusus di Jember Jawa Timur. Setelah lulus dari MAPK pada tahun 1991, ia melanjutkan ke Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir Hadis IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, lulus tahun 1996 dengan skripsi yang berjudul "Kritik Azami terhadap Schacht tentang Isnad" dan ke jenjang Magister Program Pascasarjana Konsentrasi Agama dan Filsafat, lulus tahun 1998. Masih di perguruan tinggi yang sama, ia melanjutkan studinya ke Program Doktor konsentrasi Islamic Studies dan lulus pada tahun 2004 dengan disertasi yang berjudul Teori Common Link G.H.A. Juynboll: Melacak Akar Kesejarahan Hadis Nabi saw. di bawah bimbingan Prof. Dr. KH. Sayyid Agil Husin al-Munawwar, M.A. dan Prof. Dr. H.A. Qodry Azizy, M.A. Disertasinya ini kemudian diterbitkan oleh LKiS Yogyakarta pada tahun 2007. Kini, ia mengabdikan diri sebagai dosen tetap Fakultas Ushuluddin dan Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Direktur Iranian Corner di Fakultas Ushuluddin UIN Bandung. Pada bulan Pebruari 2012, bersama rombongan Majelis Ulama Indonesia, ia mengikuti Short Course di Pusat Riset, Universitas Internasional Al-Musthafa, Qum, Iran. Hal ini dilakukannya untuk memahami Budaya Islam Iran dan keberagaaman masyarakat Iran dari sumber aslinya untuk menghilangkan berbagai prejudise dan misunderstanding masyarakat Indonesia terhadap aqidah dan ajaran Syiah selama ini.

Pekerjaan:
1. Staff pengajar Pesantren Mahasiswa Al-Muhsin Krapyak Wetan Yogyakarta (1997-1999).
2. Penerjemah dan penulis buku-buku keislaman (1999-Sekarang).
3. Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2000-Sekarang).
4. Dosen Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2004-Sekarang).
5. Distributor kertas Cakrawala Mega Indah (CMI) Sinarmas (2004-2009).
6. Editor Jurnal Wawasan: Jurnal Ilmu Agama dan Budaya, Fak. Ushuluddin UIN Bandung (2007-2011).
7. Editorial Board, Journal of Qur'an and Hadith Studies, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2011 - Sekarang)
8. Editor In Chief Intisyar al-Afkar: Journal of Islamic and Sosial Studies, Fak. Ushuluddin bekerjasama dengan Universitas Liga Arab dan Ain Syams, Kairo, Mesir (2010-sekarang).
Alamat: Komplek Citra AB 2 No. xx Panyileukan Kodya Bandung Jawa Barat; Blog: http://www.alimasrur.blogspot.com

Jabatan:
1. Ketua Gunung Djati Press UIN Bandung (2003-2007)
2. Anggota Senat Fakultas Ushuluddin UIN Bandung (2004-2007)
3. Anggota Konsorsium Bidang Ilmu Hadits UIN Bandung (2004-sekarang)
4. Direktur Iranian Corner Lembaga Kerjasama UIN Bandung dan Kedutaan Besar Republik Islam Iran untuk Pengembangan Filsafat dan Pemikiran Islam (April 2008-sekarang)
5. Angota Senat Universitas UIN Bandung (2008-2011)
6. Lektor Kepala bidang Ulumul Hadis (Oktober 2009-sekarang)
7. Wakil Sekretaris PW Persatuan Guru NU Jawa Barat (2007-2011)
8. Ketua Lazis NU Jawa Barat (2007-2011)

Guru-gurunya:
KH. Abdurrahman Wahid, Prof. Dr. H.A. Mukti Ali M.A., Prof. Dr. H.A. Qodry Azizy, Prof. Dr. H.M. Amin Abdullah Prof. Dr. H. Komarudin Hidayat, Prof. Dr. H. Atho' Mudzhar, Prof. Dr. H. Machasin, Prof. Dr. Kunto Wibisono, Prof. Dr. Sunyoto Usman, M.A., KH. Yusuf Muhammad, M.A. Prof. Drs. K.H. Zaini Dahlan M.A., Prof. Dr. H. Simuh, Prof. Dr. H. Nuruzaman Shiddiqi, M.A., Prof. Dr. Akh. Minhaji M.A., Prof. Dr. H. Musa Asyari, M.A. Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A., Prof. Dr. Hj. Amani Lubis, M.A. Prof. Dr. H.D. Hidayat, M.A. Prof. Dr. KH. Agil Husin al-Munawwar, M.A., Prof. Drs. KH. Chathibul Umam, M.A., Emha Ainun Najib, KH. Agus Ali Masyhuri dan lain-lain

My Family:
Istri: Oni Puji Astuti, S.Ag.
Anak: Rifka Indi dan Najmi Najiya

Pesan-pesan untuk sesama:
1. The certain one is now uncertainty, the constant one is now changing (Yang pasti
adalah ketidakpastian dan yang tetap adalah perubahan).
2. Yang tertangkap oleh indera manusia hanya fenomena, sementara kebenaran yang hakiki (nomena) tersembunyi di baliknya. Oleh karena itu, janganlah tertipu oleh yang tampak (appearent) saja.
3. Empat prinsip hidup menurut Imam Abu Dawud: a) Niat yang benar b) Makan dari rizki yang halal c) tidak melakukan hal-hal yang tidak penting dan d) hidup bermanfaat untuk orang lain.
4. Menjadi apa anda bergantung kepada apa yang anda lakukan terus menerus.

My Published Works:
Books:
1. Geoffrey Parrinder. Yesus dalam Quran, terj. Ali Masrur dkk. Yogyakarta: Bintang
Cemerlang, 2001.
2. Akh. Minhaji. Kontroversi Pembentukan Hukum Islam: Kontribusi Joseph Schacht, terj. Ali Masrur. Yogyakarta: UII Press, 2001.
3. Aliah Schleifer. Sejarah Hidup Maryam AS: Sebuah Kajian Tafsir Tematik, terj. Ali Masrur. Yogyakarta: UII Press, 2004.
4. Ali Masrur. Teori Common Link Juynboll: Melacak Akar Kesejarahan Hadis Nabi saw. Yogyakarta: LKiS, 2007.
5. Ali Masrur. "Studi Hadis di Barat: dari Ignaz Goldziher hingga Norman Calder" (Dalam proses penerbitan).
6. Michael Cook. Oposisi Penulisan Hadis di Masa Islam Awal, terj. Ali Masrur. Bandung: Nuansa Cendekia, 2012.
7. Gema Martin Munoz (ed.). "Islam dan Dunia Barat: Relasi Budaya dan Politik di akhir Milenium", terj. Ali Masrur dan M. Subky Hasbi (sedang dalam proses penerbitan).

Articles:
1. Ali Masrur. Membangun Tradisi Saling Memaafkan, dalam Harian Umum Jawa Pos Radar Yogya, Senin Wage 8 Mei 2000.
2. Ali Masrur dan Oni Puji Astuti. Jatuh Bangunnya Sebuah Bangsa, dalam Harian Umum Jawa Pos Radar Yogya, Selasa Legi 30 Mei 2000.
3. Ali Masrur. Gus Dur, Diganti atau Dipertahankan, dalam Harian Umum Bernas Yogyakarta Sabtu Wage 17 Juni 2000. Dimuat juga di Harian Umum Jawa Pos Radar Yogya Senin Legi 19 Juni 2000.
4. Ali Masrur. Pemilihan Presiden Langsung: Pendidikan Politik Bagi Rakyat, dalam Harian Umum Jawa Pos Radar Yogya, Kamis Pon 6 Juli 2000.
5. Ali Masrur. Pemeriksaan Tokoh-Tokoh DRP/MPR, dalam Harian Umum Jawa Pos Radar Yogya, Selasa Pon 11 Juli 2000.
6. Ali Masrur. "Fazlur Rahman dan Penafsirannya tentang Ahli Kitab" dalam Studi Alquran Kontemporer: Wacana Baru Berbagai Metodologi Tafsir. Yogyakarta: Tiara wacana, 2002; Dan dalam Tashwirul Afkar Jurnal Lakpesdam PBNU Jakarta (2000).
7. Ali Masrur. "Diskursus Metodologi Studi Hadis Kontemporer: Analisa Komparatif antara Pendekatan Tradisional dan Revisionis," dalam Wawasan Jurnal Fakultas Ushuluddin UIN Bandung No. 23 (2000).
8. Ali Masrur. "Pemikiran Tasawuf Ortodoks di Asia Tenggara: Kontribusi ar-Raniri, as-Singkili, dan al-Makasari", dalam Jurnal Khas Tasawuf.Jakarta (2002).
9. Ali Masrur. "Gagasan Pembaharuan Sayyid Ahmad Khan", dalam Wawasan Jurnal Fakultas Ushuluddin UIN Bandung No 25 (2003).
10. Ali Masrur. "Wahdatul Wujud Abdul Rauf al-Singkili", dalam Khazanah Jurnal Pascasarjana UIN Bandung Vol. 1 No. 3 (2003).
11. Ali Masrur. "Posisi Pemikiran Hadis G.H.A. Juynboll dalam Studi Hadis Modern Di Barat," dalam Wawasan Jurnal Fakultas Ushuluddin UIN Bandung (2005)
12. Ali Masrur. "Sekali Lagi Problem dan Prospek Dialog antar Agama", dalam Pikiran Rakyat(2004).
13. Ali Masrur. "Verifikasi Teori Common Link Berdasarkan Hadis tentang Syahadat dan Rukun Islam", dalam Khazanah Jurnal Pascasarjana UIN Bandung Vol 1 No. 5 (2005).
14. Ali Masrur. "Prinsip Epistemologi Qurani", dalam Wahyu Memandu Ilmu. Bandung: Gunung Djati Press, 2006.
15. Ali Masrur. "Perkembangan Literatur Hadis", dalam Khazanah Jurnal Pascasarjana UIN Bandung (2006).
16. Ali Masrur, "Rene Dercartes dan Logika Baru", dalam Zubaedi dkk., Filsafat Barat: Dari Logika Baru Rene Descartes Hingga Revolusi Sains ala Thomas Khun. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
17. Ali Masrur,"Instrumentalisme Jhon Dewey: Telaah atas Pandangan Metafisika Jhon Dewey", dalam Zubaedi dkk., Filsafat Barat: Dari Logika Baru Rene Descartes hingga Revolusi Sains ala Thomas Khun. Yogyakarta: ar-Ruzz Media, 2007.
18. Ali Masrur, "M.M. Azami dan Autentisitas Hadis", dalam Teologia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ke-ushuludin-an(2008) Fak. Ushuluddin UIN Bandung
19. Ali Masrur (sebagai Moderator), Seminar Nasional Masa Depan Bangsa dan Radikalisme Agama, 17 Juli 2004, di Aula IAIN Bandung.
20. Ali Masrur (sebagai tamu undangan)di Acara Pembukaan Seminar Internasional di Istana Wapres RI Jakarta (7 Nopember 2006) dengan tema "Translating Islam in the Multicultural World for Peace, Justice and Welfare", dan sebagai peserta seminar di Hotel Savoy Homan, Bandung (7-8 Nopember 2006).
21. Ali Masrur, (sebagai Nara Sumber) Ekspose Disertasi untuk Penelitian dalam Bidang Islamic Studies dalam Rangka Dies Natalis ke-39 UIN Bandung pada tanggal 4 April 2007.
22. Ali Masrur (as Partisipant)in International Seminar on "the Role of Muslims in South East Asia to Build a Harmony", organized by Post-Graduate Program, State Islamic University and University Kebangsaan Malaysia in December 13-15, 2007 in Puri Khatulistiwa Hotel, Bandung.
23. Ali Masrur (sebagai Ketua Panitia)International Seminar on The Educational System of University in Iran: The Possibility of International Class Cooperation in The Faculty of Ushuluddin", Wednesday, May 28th, 2008, In Iranian Corner, The Faculty of Ushuluddin, State Islamic University Sunan Gunung Djati Bandung.
24. Ali Masrur, Bercermin Toleransi dari Yerussalem, disampaikan dalam acara Bedah Buku Yerussalem, bersama wartawan senior Kompas, Trias Kuncahyono, di Ruang Sidang Al-Jami'ah UIN Bandung, Desember, 2008.
25. Ali Masrur, "Sejarah Kapitalisme dan Sosialisme serta Kritik terhadapnya", disampaikan dalam sebuah seminar di Aula UIN Bandung di depan mahasiswa Fak. Ushuluddin UIN Bandung, April, 2009.
26. Ali Masrur, "Sejarah Perkembangan NU dan Perbandingannya dengan Organisasi Lain di Indonesia" Disampaikan dalam acara Pengkaderan dan Musyawarah Anggota KMNU UPI Bandung, November, 2009.
27. Ali Masrur. "Kiamat dalam perspektif Agama", disampaikan dalam acara seminar di depan mahasiswa ilmu pemerintahan Unpad Bandung, Desember 2009.
28. Ali Masrur. "Nabia Abbott (1897-1981) tentang Pertumbuhan Isnâd dan Periwayatan Hadis Secara Tertulis", dalam Jurnal Wawasan Fakultas Ushuluddin UIN Bandung;(2010).
29. Ali Masrur (as Partisipant), International Seminar on The Historical and Cultural Relations Between Indonesia - Iran in Commemorating the 60th years of Diplomatic Relations between Indonesia and Iran, in April 27-28th 2010 at National Museum, Jakarta.
30. Ali Masrur. Penerapan Metode Tradition Historical Harald Motzki terhadap Mushannaf Abdurrazzaq al-Shan'ani dan Implikasinya terhadap Fikih Mekkah. Bandung: Lemlit UIN Bandung, 2010 (sedang dalam proses penelitian).
31. Ali Masrur. Kajian Hadis di Dunia Barat: Pemetaan Periodisasi dan Kesinambungan (dalam proses penelitian).
32. Dan lain-lain.

3 komentar:

SEKURA mengatakan...

saya mhs bpk di pps UIN merasa bangga memiliki dosen seperti bapak yang penuh tenang dan berwibawa,buku bapak common link membuat saya tertantang untuk berpikir semakin kritis....saya hanya bisa berharap kepada Allah SWT supaya memberikan kebahagian dan ketenangan hidup kepada Bpk dan keluarga untuk selama-lamanya.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum,
salam kenal, terima kasih sudah mengunjungi blog saya http://covert-ace.blog.friendster.com/
ternyata saya dikunjungi oleh orang hebat,,,
oh iya, saya bukan penyair, cuma hobi mengumpulkan syair,, hehe,,

Unknown mengatakan...

Subhanallah,alhamdulillah kami sekeluarga d cemeng sidoarjo sll bangga,dan bsyukur,smoga jarak tdk memisahkan kita semua,aamiin....